Dr. Kellogg dan Trinitas

Lampiran I

Dr. Kellogg dan Trinitas

Sumber: “Putting The Pieces Together” oleh Pdt. Nader Mansour
www.revelation1412.org

Terjemahan bebas oleh: Yolanda Kalalo-Lawton

 

Banyak yang tidak mengetahui bahwa Dr. Kellogg percaya pada kesatuan tiga allah Trinitas yang tidak sesuai dengan ajaran Roh Nubuat. Lampiran ini akan menunjukkan bukti-bukti yang menunjang kalimat tersebut.

 

Adalah benar bahwa Dr. Kellogg mengajarkan teori tiga allah yang sama kekal dan sama derajat seperti ajaran Trinitas! Saat yang sama, Kellogg menyatakan kepercayaannya ini pada sesama pimpinan, tentang imannya pada kesatuan tiga makhluk ke-Allahan. Di tahun 1903, mendengar pernyataan Kellogg, A.G. Daniells menjadi khawatir dan menulis surat berikut kepada W.C. White:

 

“Sejak rapat selesai, saya merasa bahwa saya harus menulis padamu secara pribadi tentang tujuan Dr. Kellog untuk memperbaiki dan menerbitkan kembali “Bait yang Hidup (The Living Temple)”….Dia (Kellogg) berkata bahwa beberapa hari sebelum menghadiri rapat, dia telah memikir-mikirkan hal ini, dan mulai melihat bahwa dia membuat kesalahan kecil dalam pernyataan pandangannya. Dia berkata bahwa sejauh ini dia mengalami kesulitan untuk mengetahui bagaimana menyatakan karakter Allah sehubungan dengan pekerjaan penciptaan-Nya…

Kemudian dia mengatakan bahwa pandangannya sebelumnya tentang Trinitas telah menghalanginya untuk membuat kalimat yang jelas dan mutlak benar; tapi dalam waktu yang hampir bersamaan dia menjadi percaya pada Trinitas dan sekarang dapat melihat dengan jelas di mana letak semua kesulitannya, dan percaya bahwa dia dapat menjelaskan hal ini secara memuaskan.

Dia berkata pada saya bahwa sekarang dia percaya pada Allah Bapa, Allah Anak, dan Allah Roh; dan dalam pandangannya bahwa Allah Roh-lah, dan bukan Allah Bapa, yang mengisi semua tempat dan setiap makhluk yang hidup. Dia berkata jika dia sudah mempercayai hal ini sebelum menulis buku itu, dia dapat menyampaikan pandangan-pandangannya tanpa memberi kesan salah yang sekarang ada dalam buku itu.

Saya sampaikan keberatan-keberatan yang saya dapati dalam ajarannya, dan coba menunjukkan bahwa ajarannya sangat bertentangan dengan injil, membuat saya tidak dapat melihat bagaimana buku itu dapat diperbaiki (hanya) dengan merubah beberapa pernyataan.

Kami berdebat panjang lebar secara bersahabat; tapi saya merasa pasti bahwa ketika kami berpisah, sang dokter tidak mengerti akan dirinya sendiri, dan tidak mengerti karakter dari ajarannya. Dan saya tidak dapat melihat kemungkinan baginya untuk merubah, dan hanya dalam beberapa hari  memperbaiki buku itu untuk menjadi benar.” (Surat: A.G. Daniells kepada W.C. White, 29 Oktober 1903, hal. 1-2).

 

Dr. Kellogg telah memutuskan untuk mempercayai ajaran Trinitas. Dia percaya pada Allah Bapa, Allah Anak dan Allah Roh! Bukankah banyak umat yang sekarang percaya pada teori yang sama?

 

Apakah Ny. White mengetahui bahwa Dr. Kellogg bermaksud memperbaiki bukunya dengan mengikutsertakan teori tiga makhluk allah Trinitas? Apakah beliau mengatakan sesuatu tentang hal ini? Tentu saja! Surat di atas ditujukan kepada putra beliau.  Tentu saja beliau memiliki nasihat tentang penerbitan kembali buku yang akan mengajarkan tiga allah Trinitas (Allah Bapa, Allah Anak dan Allah Roh) itu.

 

“Akan dikatakan bahwa Bait yang Hidup sudah diperbaiki. Tapi Tuhan telah tunjukkan pada saya bahwa penulisnya belum berubah, dan tidak akan ada persatuan di antara dia dengan para pendeta pengabar Injil sementara dia terus memegang pendiriannya yang sekarang. Saya diperintahkan untuk mengangkat suara saya mengamarkan umat-umat kita, Firman berkata, “Jangan sesat! Allah tidak membiarkan diri-Nya dipermainkan.” (Gal. 6:7).” (E.G. White, Selected Messages Buku 1, hal. 199) 1904.

 

Bagaimana mungkin beliau percaya pada teori yang sama, seperti perkataan para teolog moderen, sementara beliau melarang Kellogg menerbitkan ajaran yang sama dalam buku Bait yang Hidup itu?

Apa yand dimaksud dengan “pendiriannya yang sekarang? Sesuai dengan pengakuannya sendiri setahun sebelumnya, Dr. Kellogg berkata bahwa dia telah memeluk kepercayaan akan tiga makhluk ilahi terpisah Trinitas.

 

Untuk membela dirinya, Kellogg menyatakan bahwa ajarannya tersebut adalah sesuai dengan ajaran Ny. White. Dia bahkan mengutip kalimat-kalimat Ny. White untuk menunjang “ajaran barunya” itu. Ny. White kemudian menuliskan ketidaksetujuan beliau dengan menggunakan kata-kata yang tegas:

 

“Saya terdorong untuk menyangkal pernyataan bahwa ajaran-ajaran dalam Bait yang Hidup itu dapat ditunjang dengan kalimat-kalimat dari tulisan saya. Mungkin ada dalam buku itu pernyataan dan pendirian yang sesuai dengan tulisan-tulisan saya. Dan mungkin ada banyak kalimat saya yang, jika dipisah dari hubungannya, dan ditafsirkan sesuai dengan pikiran penulis Bait yang Hidup, tampaknya sesuai dengan ajaran-ajaran dalam buku itu. Mungkin tulisan-tulisan saya berkesan menunjang pernyataan yang ditonjolkan dalam buku Bait yang Hidup. Tapi kiranya Tuhan jauhkan bahwa pendirian ini harus dibenarkan.” (E.G. White, Selected Messages 1, hal. 203) 1904.

Ny. White mengakui bahwa ada kemungkinan bahwa dalam tulisan-tulisan beliau terdapat “banyak kalimat” yang jika dipisahkan dari alur cerita atau konteksnya, dan dijelaskan sedemikian rupa sesuai dengan pikiran si pengutip, kalimat-kalimat tersebut dapat memberi kesan seolah-olah “sesuai” dengan ajaran Dr. Kellogg, yang tentu saja tampaknya menyokong ajaran sang dokter. Tapi beliau mengatakan: “Kiranya Tuhan jauhkan bahwa pendirian ini harus dibenarkan.” Apakah Ny. White menyadari bahwa tulisan-tulisan beliau dapat diputarbalikkan untuk mengajarkan suatu kesatuan antara tiga makhluk Ilahi? Hal inilah yang Dr. Kellogg coba lakukan! Tragisnya, hal yang sama sedang dilakukan oleh banyak umat Advent zaman ini, bahkan jauh lebih dalam dan lebih buruk dari apa yang Dr. Kellogg lakukan, yang mengenapi nubuatan beliau tentang penipuan “Akhir/Omega” yang lebih dahsyat daripada penipuan “Pertama/Alpha.” (Untuk pelajaran selanjutnya tentang kemurtadan “Pertama dan Terakhir,” lihat The Alpha and the Omega of Heresy).