Pelajaran 7 - Roh Kudus – Bagian 2: Identitas Roh Kudus

Dari buku "Membuka Kedok" Bab 14.

Pelajaran 7

ROH KUDUS – BAGIAN 2: IDENTITAS ROH KUDUS

 

Dalam pelajaran sebelumnya kita telah mempelajari bahwa Roh Allah itu adalah pikiran-Nya, hidup, keberadaan dan diri-Nya sendiri. Dalam pelajaran ini kita akan mempelajari dari mana asal Roh dan identitas Roh itu.

1.      Apakah yang dijanjikan Yesus sebelum Dia pergi ke surga?

Yohanes 14:16, 17, 26 “Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu. ….tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.”

 

2.      Menurut Alkitab, roh siapakah “Roh Kudus” itu?

Bandingkan ayat-ayat berikut ini:

Markus 13:11 “Dan jika kamu digiring dan diserahkan, janganlah kamu kuatir akan apa yang harus kamu katakan, tetapi katakanlah apa yang dikaruniakan kepadamu pada saat itu juga, sebab bukan kamu yang berkata-kata, melainkan Roh Kudus.”

Matius menulis sebagai berikut:

Matius 10:19, 20 “Apabila mereka menyerahkan kamu, janganlah kamu kuatir akan bagaimana dan akan apa yang harus kamu katakan, karena semuanya itu akan dikaruniakan kepadamu pada saat itu juga. Karena bukan kamu yang berkata-kata, melainkan Roh Bapamu; Dia yang akan berkata-kata di dalam kamu.”

Roh Kudus = Roh Bapa

Bandingkan juga ayat-ayat berikut ini:

2 Petrus 1:21 “sebab tidak pernah nubuat dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh dorongan Roh Kudus orang-orang berbicara atas nama Allah.”

Sementara dalam suratnya yang pertama, Petrus berkata:

1 Petrus1:10,11 “Keselamatan itulah yang diselidiki dan diteliti oleh nabi-nabi, yang telah bernubuat tentang kasih karunia yang diuntukkan bagimu. Dan mereka meneliti saat yang mana dan yang bagaimana yang dimaksudkan oleh Roh Kristus, yang ada di dalam mereka, yaitu Roh yang sebelumnya memberi kesaksian tentang segala penderitaan yang akan menimpa Kristus dan tentang segala kemuliaan yang menyusul sesudah itu.“

Roh Kudus = Roh Kristus

Menurut apa yang dikatakan oleh keempat ayat-ayat di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa:

Roh Kristus = Roh Kudus = Roh Bapa

 

3.      Berapa banyakkah Roh?

Efesus 4:4 “satu tubuh, dan satu Roh, sebagaimana kamu telah dipanggil kepada satu pengharapan yang terkandung dalam panggilanmu…” (lihat juga 1 Korintus 6:17; 12:13; Efesus 2:18).

 

4.      Ketika kita menerima Roh Kudus, siapakah yang kita terima?

Yohanes 14:23 “Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.”

Menurut Yesus, ketika kita menerima Roh Kudus, kita menerima Bapa dan Anak.

 

5.       Apakah Bapa dan Anak memiliki Roh atau kehidupan yang sama?

Roma 8:9,10 “Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam di dalam kamu. Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus. Tetapi jika Kristus ada di dalam kamu, maka tubuh memang mati karena dosa, tetapi roh adalah kehidupan oleh karena kebenaran “

Sementara ayat ini membicarakan tentang roh yang sama, Paulus menggunakan istilah-istilah seperti: Roh, Roh Allah, Roh Kristus dan Kristus. Hal ini mengatakan kepada kita bahwa Paulus percaya bahwa Roh Kudus itu adalah roh/hidup dari Bapa dan Anak.

 

6.       Dari mana asalnya Roh?

Yohanes 15:26 “Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.”

 

7.      Mengapa Roh berasal dari Bapa?

1 Korintus 8:6 “Namun bagi kita hanya ada satu Allah saja, yaitu Bapa, yang dari pada-Nya berasal segala sesuatu dan yang untuk Dia kita hidup, dan satu Tuhan saja, yaitu Yesus Kristus, yang oleh-Nya segala sesuatu telah dijadikan dan yang karena Dia kita hidup.”

Roma 11:36 “Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya! “

Roh (hidup Allah) berasal dari Bapa, karena segala sesuatu berasal dari-Nya.  Dialah sumber dari segala sesuatu (lihat Pelajaran 3 untuk info lebih lanjut).

 

8.      Melalui siapa Roh datang kepada kita?

Efesus 2:18 “karena oleh Dia kita kedua pihak dalam satu Roh beroleh jalan masuk kepada Bapa.”

Yohanes 20:22 “Dan sesudah berkata demikian, Ia mengembusi mereka dan berkata: "Terimalah Roh Kudus.”

Roh Bapa datang kepada kita melalui Yesus, dan melalui Dia juga Roh kembali kepada Bapa.

 

9.      Siapa yang datang kepada kita sebagai Penolong?

Yohanes 14:18,19 “Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku datang kembali kepadamu. Tinggal sesaat lagi dan dunia tidak akan melihat Aku lagi, tetapi kamu melihat Aku, sebab Aku hidup dan kamupun akan hidup.”

 

10.   Bagaimana Bapa mengutus Yesus kepada kita? Apakah dalam daging atau dalam Roh?

Galatia 4:6 “Dan karena kamu adalah anak, maka Allah telah menyuruh Roh Anak-Nya ke dalam hati kita, yang berseru: "ya Abba, ya Bapa!"

Catatan: Paulus mengatakan kepada kita dalam Galatia bahwa ketika kita menerima Roh Yesus, kita berseru “ya Abba, ya Bapa!”  dia juga mengatakan dalam Roma 8:15 bahwa ketika kita menerima Roh, kita berseru “ya Abba, ya Bapa!”  Ini merupakan suatu penegasan tambahan bahwa Roh Kudus tidak lain adalah Roh Yesus. Bandingkan juga Galatia 4:6 dengan Kisah 3:26.

 

11.   Ketika kita menerima Roh Kristus, apakah kita menerima Roh seorang lain yang berbeda dari Yesus?

2 Korintus 3:17 “Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan.”

Dalam 1 Korintus 8:6 Paulus berkata bahwa ada satu Tuhan yaitu Yesus Kristus dan dalam Efesus 4:4, ia berkata ada satu Roh.  Namun Paulus juga mengatakan dalam ayat di atas bahwa “Tuhan adalah Roh.” Jika Tuhan adalah Yesus dan hanya ada satu Roh, sangat masuk akal sesuai dengan Alkitab untuk mempercayai bahwa Roh Kudus tidak lain adalah Tuhan Yesus Kristus dalam bentuk Roh. Yesus Sendiri datang kepada kita sebagai Penghibur pribadi. Roh adalah pribadi Yesus.

 

12. Apakah Alkitab mengatakan bahwa Yesus menjadi Roh?

1 Korintus 15:45 “Seperti ada tertulis: "Manusia pertama, Adam menjadi makhluk yang hidup", tetapi Adam yang akhir menjadi roh yang menghidupkan.”

 

13.  Mengapa Alkitab kadang berkata bahwa ketika Penolong itu datang, kedua-duanya, Bapa dan Anak akan datang, sementara di tempat lain tertulis Tuhan adalah Roh?

2 Korintus 5:19 “Sebab Allah di dalam Kristus, mendamaikan dunia dengan diri-Nya dengan tidak memperhitungkan pelanggaran mereka. Ia telah mempercayakan berita pendamaian itu kepada kami.” (diterjemahkan dari Alkitab KJV).

Yohanes 14:10, 20 “Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya. … Pada waktu itulah kamu akan tahu, bahwa Aku di dalam Bapa-Ku dan kamu di dalam Aku dan Aku di dalam kamu.”

 

14.  Siapa yang sedang mengetuk pintu hati kita?

Wahyu 3:20 “Lihat, Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku.”

 

15.  Apakah pengharapan akan kemuliaan?

Kolose 1:27 “Kepada mereka Allah mau memberitahukan, betapa kaya dan mulianya rahasia itu di antara bangsa-bangsa lain, yaitu: Kristus di dalam kamu, adalah pengharapan akan kemuliaan!” (diterjemahkan dari Alkitab KJV).

 

Klik di sini untuk Pelajaran 8