Kata Ibrani ELOHIM

Kata Ibrani ELOHIM

Elohim, kata tunggalnya Eloah (Ibrani: Allah), Allah Israel dalam Perjanjian Lama. Jamak dari keagungan, istilah Elohim—walau kadang digunakan untuk ilah-ilah lain, seperti Kemosh, allah bangsa Moab, Astarte, allah bangsa Sidon, dan juga untuk makhluk-makhluk agung lain seperti malaikat-malaikat, raja-raja, hakim-hakim (Perjanjian Lama Shofetim), dan Mesias—biasanya digunakan dalam Perjanjian Lama hanya untuk Allah Israel Yang Esa, yang nama pribadi dinyatakan kepada Musa sebagai YHWH, atau Yahweh (q.v). Apabila mengacu pada Yahweh, elohim sering sekali diikuti oleh kata ha-, yang berarti, dalam kombinasi, “Allah,” dan kadang dengan identifikasi lebih lanjut Elohim hayyim, artinya “Allah yang Hidup.”

Read More

Sikap Dalam Doa

Sikap Dalam Doa

Akhir-akhir ini postur tubuh dalam melayangkan doa sering diperdebatkan di kalangan umat-umat Tuhan. Ada sekelompok umat yang sangat ‘saleh,’ mengajarkan bahwa kita harus selalu berlutut dalam melayangkan doa kepada Allah, menjadikannya sebagai doktrin, yang harus dipraktekkan setiap kali mereka berdoa, termasuk di tempat-tempat umum yang dihadiri oleh orang-orang yang bukan Kristen, seperti upacara penguburan. Sementara maksud dan tujuan mereka adalah baik, tetapi dasar doktrinnya tidak benar. Marilah kita simak apa kata Alkitab dan Roh Nubuat.

Read More

Apa Ajaran Sabat Lunar? Revisi 9/8/18

Apa Ajaran Sabat Lunar? Revisi 9/8/18

Sabat Lunar atau Hari Sabat berdasarkan perputaran bulan adalah ajaran baru yang sedang berkembang di antara gereja Advent pemelihara hari Sabat Ketujuh. Walau ada sedikit perbedaan di antara beberapa ajaran sabat lunar ini, tapi dasar persamaan ajarannya adalah: hari Sabat ditentukan oleh perputaran bulan, dan bukan berdasarkan minggu penciptaan. Jadi tanggal-tanggal hari sabat tidak pernah berubah, jatuh pada tanggal 8,15, 22 dan tanggal 29 setiap bulan.

Read More